Tag

, , , , , ,


Menurut sejarah, kurma  berasal dari tempat yang sekarang disebut Irak, namun orang Mesir diketahui telah membuat anggur dengan kurma jauh lebih awal.

Buah kurma

Berkat perdagangan, kurma menyebar  ke Asia barat daya, Spanyol, Afrika utara, dan kemudian juga dibawa ke Meksiko dan California. Saat ini kurma terus menjadi salah satu bahan paling penting dalam kuliner Timur Tengah.

Kurma dianggap sebagai simbol kekuatan, kemenangan, kelimpahan dan keyakinan. Dinding Kuil Sulaiman disebutkan dihiasi dengan motif kurma. Dalam Kitab Mazmur Perjanjian Lama, seseorang dengan perbuatan baik menyerupai pohon kurma. Memegang pohon kurma di festival suci adalah perintah dalam Yudaisme. Mereka yang menyambut Yesus Kristus di Yerusalem juga memegang cabang kurma di tangan mereka. Peziarah Kristen yang membawa kurma dari Yerusalem sering disebut “palmers” di Eropa.

Al-Qur’an menyebutkan kurma 23 kali. Ini adalah simbol bahwa kurma memiliki tempat khusus dalam sejarah dan budaya Islam. Muslim menganggap kurma dan buahnya suci. Dalam bahasa Arab, kata untuk kurma adalah “tamr.” Dalam bahasa Turki kata kurma adalah “hurma,”  berarti “rasa hormat”. Kurma memiliki tempat yang sangat istimewa dalam budaya Turki dan itu tergambar dari namanya.

Pohon kurma

Saat ini, tak kurang dari 50 jenis kurma data ditemui . Yang termurah diproduksi di Iran, memiliki tekstur sangat lembut dan warna kecoklatan seperti berlumpur. Kurma Tunisia, yang terang dan cerah, memiliki kulit tipis dan mempunyai harga yang relatif mahal. Negara Sudan memproduksi kurma yang memiliki kulit padat, wangi dan enak namun agak sulit ditemukan di pasaran.

Bush kurma Sebelum dikeringkan

Dari berbagai jenis kurma tentu saja, yang terbaik adalah “Ajwa” berbentuk bulat, melengkung, hitam yang ditanam di Madinah. Nabi Muhammad SAW menanam pohon kurma dan melafalkan banyak doa. Dia mengatakan bahwa mereka yang makan tujuh kurma dengan perut kosong di pagi hari akan dilindungi dari segala racun dan keinginan buruk.

Kurma adalah makanan pokok di atas meja buka puasa selama bulan Ramadan. Nabi Muhammad SAW biasa berbuka puasa dengan beberapa kurma segar atau kering dan seteguk air.

Buah kurma

Dalam pengetahuan modern, kurma mungkin menjadi salah satu buah paling bermanfaat bagi manusia. kurma memiliki unsur yang sangat penting bagi manusia untuk tetap sehat dan bugar. Gula dalam kurma adalah fruktosa sebagai lawan glukosa, dan tidak membuat orang gemuk. Vitamin B6 yang berfungsi menenangkan saraf, berlimpah dalam kurma.

Dokter menyarankan para lansia dan mereka yang stres untuk makan tiga kurma di pagi, siang dan sore hari. Kurma juga mengandung magnesium, yang memperkuat otot dan baik untuk wanita hamil dan untuk mencegah kanker.

Kurma juga sangat bergizi. Dalam 100 gram kurma, ada 1,5 gram protein, 50 gram karbohidrat dan 225 kalori. Inilah sebabnya mengapa mereka bermanfaat bagi mereka yang bekerja di pekerjaan yang membutuhkan fisik dan olahragawan

Novac Djokovic petenis peringkat 1 duna yang berasal dari Serbia adalah salah satu atlet yang mengkonsumsi kurma selama pertandingan. Tak Hanya itu, sejumlah atlet profesional dan amatir menganjurkan kurma sebagai bagian dari nutrisi olahraga mereka.

Ada sejumlah alasan mengapa kurma adalah camilan yang benar-benar alami dan lezat bagi mereka yang suka membakar kalori

  • Kurma Mengandung Gula Alami

Kurma mengandung antara 44% -80% gula. Sebagai karbohidrat, kurma memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi. Karena kurma hanya mengandung gula sederhana, kurma dikonversi menjadi glukosa untuk digunakan sel sebagai energi.

  • Melepaskan Energi Secara Perlahan

Kurma memiliki GI rendah (indeks glikemik), yang berarti akan dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga dapat menjaga tingkat energi sepanjang hari. Pelepasan energi yang lambat memastikan atlet mendapatkan kekuatan yang cukup selama aktivitas mereka. GI rendah kurma dapat dikaitkan dengan fruktosa tinggi dan kandungan serat makanan tinggi. Energi pelepasan lambat sangat penting untuk nutrisi olahraga.

  • Tidak menyebabkan lonjakan gula darah, 

Kurma juga telah dibuktikan oleh penelitian tidak mempengaruhi kadar gula darah. Seperti disebutkan di atas, kurma tinggi serat, yang fungsinya untuk memperlambat masuknya gula ke dalam aliran darah. Tetapi bagi penderita diabetes, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Protein, Mineral dan Vitamin. 

Kurma mengandung protein sehingga kurma disebut dengan superfruit. Meskipun buah-buahan secara umum tidak terkenal dengan kandungan proteinnya, kurma adalah diantara buah-buahan dengan jumlah protein tertinggi. 100 gr kurma mengandung sekitar 2,5 g protein. Kurma mengandung lebih banyak potasium daripada pisang (Kurma 656 mg vs pisang 358 mg). Kalium menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh dan sangat penting untuk hidrasi, terutama untuk pemulihan pasca-latihan. Kurma juga kaya akan vitamin, terutama Vitamin B, yang membantu pembentukan sel darah baru

Singkatnya, kurma adalah camilan olahraga yang hebat dan suguhan pemulihan pasca latihan karena memberikan tubuh 100% gula alami dan energi, yang akan dilepaskan secara perlahan karena GI rendah . GI rendah sebagian merupakan konsekuensi dari kandungan serat yang tinggi, yang penting juga karena serat akan mencegah lonjakan gula darah. Kurma juga kaya protein (dibandingkan dengan buah-buahan lainnya), mineral dan vitamin dan karenanya penting untuk menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh seorang atlet.

Bagi yang tidak melalukan aktivitas terlalu berat kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kurma baik dikonsumsi secara teratur

1. Menurunkan kolesterol

Kurma bebas dari kolesterol dan mengandung sedikit lemak. Mengkonsumsi dalam jumlah kecil akan membantu mengontrol kadar kolesterol dan bahkan damat membantu menurunkan berat badan

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma juga baik bagi kesehatan tulang. Kurma kaya akan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, dan semua ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Memperkuat sistem saraf

Kurma mengandung kalium dan sedikit natrium.Itu sangat membantu menjaga sistem saraf. Kalium juga membantu mengurangi kolesterol, dan menjaga risiko stroke.

4. Kaya zat besi

Selain fluor yang menjaga gigi tetap sahat, kurma juga mengandung zat besi, yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita Anemia. Kekurangan zat besi yang parah dapat menyebabkan kelelahan, sesak nafas atau nyeri dada.

5. Meningkatkan pencernaan

Kurma yang direndam di dalam air dan dikunyah tiap harı akan sangat bak untuk sistem pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi itu juga direkomendasikan bagi mereka yang memiliki masalah dengan sembelit.

6. Memperbaiki kulit

Vitamin C dan D bekerja pada elastisitas kulit dan juga menjaga kulit Anda tetap halus. Penderita masalah kulit, sebaiknya mengkonsumsi kurma secara teratur dan akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Kurma juga hadir dengan manfaat anti-penuaan, dan mencegah penumpukan melanin di tubuh.

(dari berbagai sumber)

Iklan